Pages

Kamis, 13 Juli 2017

Tips Jitu Membangun Rumah Lantai Kayu

Tips Jitu Membangun Rumah Lantai Kayu - Setiap orang pastinya ingin mempunyai hunian yang layak dengan desain minimalis ataupun mewah. Setiap tahun kebutuhan rumah semakin meningkat sehingga membuat proses pembangungan rumah semakin gencar dilakukan. Tidak hanya dari desain eksteriornya saja, namun dari bagian interior juga turut diamati. Tentu saja bagian interior tak melulu soal hiasan dinding atau warna cat dinding saja, akan tetapi perlu dilihat dari sisi bagian lantainya juga. Melihat desain lantai untuk bagian interior ternyata sangat unik apalagi dari jenis lantai kayu yang memberi kesan minimalis bahkan lebih awet. Membangung rumah lantai kayu ternyata harus memperhatikan beragam aspek agar hasilnya bisa terlihat sempurna.

Desain lantai kayu memang semakin diminati karena dari sisi estetikanya terlihat lebih keren bahkan jenis kayunya sendiri bisa dipilih sesuai kebutuhan. Meskipun dari segi harga kayu dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, akan tetapi kebutuhan lantai kayu semakin tinggi mau tak mau harga kayu menjadi hal wajar. Efek dari lantai kayu di sebuah interior mampu memberi estetika lebih baik bahkan memberi kehangatan pada penghuninya saat malam hari. Mungkin Anda ingin membangun rumah lantai kayu yang terlihat lebih tradisional, namun belum tahu tips-tips membuatnya lebih keren maka harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.


  • Elegent maple



  • Empire oak



Sebelum Anda membangung rumah berlantai kayu sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

Warna Lantai Kayu
Meskipun dari warna lantai kayu lebih dominan gelap, akan tetapi Anda masih bisa memilih warna lantai kayu lebih terang seperti putih atau abu-abu. Pemilihan warna kayu sebenarnya tidak terlalu penting mengingat banyak warna kayu berkutat antara cokelat tua dan cokelat muda. Tambahkan aksen warna lebih terang untuk memberi nuansa ruangan lebih bercahaya.
Warna Dinding
Menentukan warna ataupun pola lantai kayu juga harus memperhatikan warna dinding. Tentu saja Anda tak ingin warna dinding dengan lantai kayu terlihat terlalu kontras, maka dari itu Anda bisa memilih warna yang lebih netral seperti cokelat muda ataupun cokelat tua. Terkadang beberapa kalangan memilih warna lantai kayu seragam dengan dinding untuk memberi kesan minimalis dan unik.

Pemilihan Jenis Kayu
Proses membangun rumah lantai kayu memerlukan ketelitian dalam memilih jenis kayunya. Pilihlah jenis kayu yang memiliki kriteria awet dan tahan lama. Meskipun dari sisi harga lebih tinggi, akan tetapi keawetannya bisa terjamin. Bagian lantai sering diinjak siapa saja, maka dari itu pilih jenis kayu yang kuat yang mampu menahan beban besar.

Pola atau Motif Kayu
Tidak hanya sisi warna dan pemilihan jenis kayunya saja, Anda harus bisa memilih motif kayu yang sesuai dengan desain interior. Anda bisa melihat referensi motif dan pola lantai kayu yang mana akan menyajikan beragam pola unik sesuai kebutuhan. Pola lantai kayu sangatlah penting karena mampu menampilkan desain menarik di sebuah ruangan.

Lihat Proses Pengawetan Kayu
Jika Anda ingin kualitas kayu lebih baik dan terpercaya maka lihatlah dari proses pengawetan kayu dimana mampu menggambarkan kualitas serta kekuatan kayu. Biasanya lantai kayu dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas seperti lem hingga campuran bahan kimia membuat kualitas kayu lebih baik.

Selain dari 5 tips di atas Anda juga wajib memperhatikan harga dari bahan-bahan kayu serta proses pemasangannya. Mungkin dalam proses pemasangan butuh bantuan tukang atau ahli pasang lantai kayu yang membutuhkan biaya tambahan. Jadi ada banyak hal penting harus dipahami sebelum membuat lantai kayu di dalam rumah.

Setelah selesai memasang lantai kayu maka ada perawatan agar lantai kayu tak cepat rusak. Meskipun dari sisi keawetan serta kekuatan sudah teruji namun tetap saja butuh perawatan seperti tak menyimpan beban berat di atas lantai kayu, hindari menyimpan bahan-bahan kimia di atas lantai kayu, dan benda panas di atas lantai kayu.

Informasi mengenai tips membangun rumah lantai kayu di atas bisa memberi gambaran tentang memilih jenis kayu, pola, sampai proses pembuatan serta perawatan. Carilah desain lantai rumah kayu yang sesuai budget Anda untuk memberi kesan minimalis serta memberi nuansa baru pada sebuah ruangan.

Untuk spesifikasi dari Lantai Parket interwood yang akan dipakai dari pengukuran luas ruang :
Dengan ukuran ruang : 1.215 X 193 X 8.3 mm
Dengan volume : 1.98 m2/box ( 10 bh )
Harga yang ditawarkan : Rp 205.000,- / m2
Berbagai jenis pilihan dari parket interwood lantai kayu tersebut diantaranya ;

  • Acasia
  • Chengal



  • Country ebony




0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto Saya
Distributor bahan bangunan serta aplikator yang berpengalaman di bidang sipil. Pekerjaan sipil yang biasa dikerjakan meliputi Interior dan Eksterior. Pekerjaan Interior berupa pemasangan lantai kayu, vinyl, wallpaper, kaca dan lainnya. Untuk pekerjaan Eksterior seperti pembuatan rumah, gudang, baja ringan dan sebagainya.